snorkeling

snorkeling

Kegiatan snorkeling dapat dilakukan semua orang. Kalaupun ada penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung dapat mengenakan baju pelampung. Ketika menyelam di air yang bersuhu rendah, penyelam dapat memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu juga, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka gores terumbu karang ataupun sengatan ubur-ubur. Snorkeling adalah kegiatan rekreasi air yang sangat populer, terutama di resort pantai tropis dan lokasi selam scube yang dangkal.
Penyelam bisa mengamati indahnya beraneka ragam flora dan fauna bawah laut, seperti: terumbu karang, ikan, kerang, bintang laut, rumput laut, ubur-ubur, udang dan penyu. Selain itu, snorkeling juga dapat dilakukan orang di danau air tawar atau sungai.


Cara Snorkeling yang benar dilakukan dengan masker plastik transparan dan tube atau selang pendek untuk bernapas saat mengambang di permukaan laut dengan wajah menghadap kebawah. Snorkeling adalah cara yang santai dan menyenangkan untuk menikmati pemandangan indah penuh warna di dalam laut. Anda bisa memandangi  kehidupan koral tanpa menakuti ikan-ikan dengan gerakan anda dan tanpa harus melongok ke atas, mengambang dan melebur dengan pemandangan bawah laut cukup untuk melarikan diri dari kepenatan dari rutinitas dalam hidup yang kita hadapi setiap hari. Beberapa spot yang bisa Anda kunjungi seperti, tempat snorkeling di pulau seribu, tempat snorkeling di karimunjawa, tempat snorkeling di belitung,  Amed, Blue Lagoon, pulau menjangan, Nusa Penida, Nusa Lembongan  dan masih banyak lagi tempat snorkeling yang bagus untuk menjadi agenda petualangan snorkeling Anda. Snorkeling adalah suatu aktifitas yang mana dapat di lakukan pada pantai maupun laut diberbagi balahan dunia. Yang dinamakan snorkeling adalah suatu aktifitas air yang mana menyelam dipermukaan air laut. Banyak yang menyukai aktifitas tersebut karena memberikan pengalaman menyelam yang signifikan. Tujuan dalam melakukan snorkeling tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tujuan paling umum adalah karena mereka ingin menikmati keindahan alam bawah laut tanpa harus menggunakan peralatan menyelam yang merepotkan. Yang dibutuhkan hanya masker selam saja dan pakaian renang yang simpel. Snorkeling  bisa juga berguna untuk mendapatkan relaksasi.



Ingat!  Bertanggung jawab secara ekologis. Coba untuk tidak menganggu kehidupan laut yang anda lihat termasuk koral. Karang koral sangat rapuh dan tiap bagian yang anda cabut atau hancur karena kaki yang tidak hati-hati bisa menghabiskan bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun untuk bisa dapat tumbuh kembali.

Tips!
Kenakan tabir surya ya...! Karena pastinya akan berada di permukaan air berjam-jam, dan kulit anda bisa terbakar apabila anda tidak mengenakan tabir surya anti air yang kuat. Walaupun langit mendung, kekuatan reflektvitas air akan memperbesar kekuatan sinar matahari. Anda bisa kehilangan banyak cairan di laut. Jangan sampai Anda dehidrasi saat Anda berencana snorkeling berjam-jam, pastikan Anda mengambil waktu jeda untuk minum air mineral yang cukup. Hindari hyperventilating atau bernafas terburu-buru, karena bisa membuat anda pingsan di laut dan ini sangat berbahaya. Bernafaslah secara perlahan adalah hal yang paling di sarankan dalam snorkeling. Bernafaslah dengan hati-hati. Pada petualangan snorkeling mana pun suatu waktu Anda akan mengalami situasi ketika air laut masuk ke dalam tube snorkel Anda, terkadang karena kondisi ombak. Belajar membersihkan snorkel akan menjaga supaya tidak terlalu menggangu kegiatan snorkeling Anda.

snorkeling

Kegiatan snorkeling tidak memerlukan pendidikan khusus. Pemula yang belum pernah melakukan snorkeling bisa mempelajarinya dalam waktu singkat dari pemandu selam.Cara mengenakan masker, snorkel, dan kaki katak bisa dipelajari dari pemandu selam, toko selam, atau tempat penyewaan alat selam di pinggir pantai. Walau demikian, seperti halnya selam scuba, kegiatan snorkeling tidak untuk dilakukan seorang diri, melainkan bersama teman atau secara berkelompok. Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

- Tahan napas Anda dan tempatkan kepala Anda di bawah air, meyelam di ujung snorkel. Anda akan merasakan air memasuki tube snorkel.
- Arahkan kepala Anda ke permukaan air tanpa mengangat keluar air. Pastikan ujung tube berada di udara kali ini.
- Belajar menyelam. Anda bisa mencoba menyelam ke dalam air untuk melihat lebih dekat sesuatu yang menarik. Ambil nafas dalam-dalam dan berenang ke bawah. Ketika Anda perlu bernafas, berenanglah kepermukaan dan bersihkan tube snorkel dengan cara yang sudah Anda latih.
- Mengambanglah bersama ombak. Snorkeling baik dilakukan di atas air yang tenang, tetapi saat itu pun Anda harus belajar menyesuaikan gerakan pada naik turunya ombak.
Cara snorkeling pemula :
-  Ambil snorkel dan masker atau kacamata yang nyaman Anda gunakan. Coba pasang dan sesuaikan talinya pas. Jika bisa, cobalah peralatan ini di dalam air untuk memastikan tidak bocor.
-  Apabila mata Anda minus, Anda bisa mengenakan masker yang juga minus untuk membantu Anda melihat bawah laut tanpa kacamata.
-  Pasang masker dan tarik talinya hingga menutup mata dan hidung Anda dengan nyaman. Pastikan tube snorkel dekat dengan mulut Anda, tetapi jangan dimasukan dulu.
-  Mengambanglah datar di air dengan perut menghadap bawah. Tempatkan wajah Ada di air dengan sudut 45 derajat.
-  Gigit perlahan bagian mulut dari snorkel. Segel atau tutup sekeliling bagian mulut tersebut dengan bibir Anda dan arahkan snorkel sesuai posisinya.
-  Tarik dan hembuskan napas perlahan melalui tube. Bernapaslah dengan perlahan, dalam dan berhati-hati dengan mulut Anda melalui snorkel. Tidak perlu panik, Andaakan selalu bisa mengangkat kepala ke atas air bila Anda mau. Tetap rileks dan perhatikan napas Anda. Suara napas melalui snorkel akan cukup terdengar. Setelah Anda mendapatkan ritmenya, rileks dan nikmati pemandangan bawah laut.
- Kenakan pelampung. ini akan mempermudah Anda mengambang di permukaan air. Banyak lokasi snorkeling komersil mengharuskan penggunaan pelampung untuk alasan keselamatan.

Berhati-hatilah! Sangat mudah untuk mengikuti ikan yang berkilau dan tiba-tiba Anda telah terlalu jauh dari area yang Anda rencanakan. Hindari situasi bahaya dengan menyadari sejauh apa Anda telah berenang.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian sebelum melakukan pengamatan terhadap terumbu karang:

-   Pilih resor atau hotel ramah lingkungan untuk liburan Anda, yaitu yang peduli pada konservasi energi, daur ulang dan bertanggungjawab dalam pengolahan dan pembuangan sampah.
-   Berikan biaya restribusi atau donasi saat berkunjung ke area taman terumbu karang dan daerah konservasi laut lainnya.
-  Dapatkan petunjuk pelaksanaan snorkeling terbaik.
-  Latih kemampuan snorkeling Anda di daerah yang jauh dari karang.
-  Pastikan peralatan Anda terpasang sempurna sebelum melakukan snorkeling. Penyesuaian yang dilakukan di dalam air dapat mempersulit Anda.
-   Jika Anda merasa ragu atau belum pernah snorkeling sebelumnya, pertimbangkan untuk menggunakan bantuan pelampung untuk menambah daya apung tubuh Anda.
-  Pelajari apa yang bisa Anda dapatan mengenai terumbu karang - mereka sangat menarik namun juga rapuh.
Jangan pernah menginjak karang!!! Karena proses pertumbuhannya rumit/sulit, karang dan terumbu karang memerlukan waktu lama untuk tumbuh. Dalam satu tahun rata-rata karang hanya dapat menghasilkan batu karang setinggi satu sentimeter. Jika dikalkulasi, dalam jangka waktu 100 tahun karang batu hanya tumbuh 100cm. Bisa dibayangkan, karng yang setingginya 10cm apabila rusak karena terinjak akan memerlukan waktu 10 tahun agar tingginya kembali seperti semula.

15 Langkah prosedur operasi standar GREEN FINS

1. Melaksanakan misi Green Fins.
2. Menunjukan kesepakatan yang telah diadopsi.
3. Mematuhi "panduan selam dan snorkeling ramah lingkungan" serta menjadi contoh yang baik bagi wisatawan.
4. Mengikuti kegiatan pembersihan bawah laut (underwater cleanups) secara teratur.
5. Mengikuti program pemasangan dan pengembangan mooring buoy, serta menggunakan mooring jangkar yang diletakan dengan tangan.
6. Melarang penjualan karang dan biota laut lainnya.
7. Mengikuti program pemantauan terumbu karang dan melaporkan data hasil pemantauan ke bank data terumbu karang di wilayah tersebut.
8. Menyediakan fasilitas pembuangan sampah yang memadai.
9. Melaksanakan kebijakan minimisasi limbah.
10.Mematuhi segala bentuk undang-undang hukum, serta adat istiadat lingkugan hidup yang berlaku.
11.Menyediakan informasi tentang panduan penyelamatan dan snorkeling ramah lingkungan untuk wisatawan pada saat sebelum menyelam.
12.Menyediakan pelatihan, briefing, atau literatur bagi karyawan dan wisatawan terkaiit aktivitas penyelaman, snorkeling, berperahu, interaksi dengan biota laut, serta kegiatan rekreasi laut lainnya yang berwawasan lingkungan.
13.Menyediakan materi kampanye peduli lingkungan bagi para karyawan dan wisatawan (buku, pamflet, buku identifikasi ikan, dan lain-lain)
14.Menyediakan informasi mengenai daerah perlindungan laut serta huum-hukum dan peraturan lingkungan.
15.Melaksanakan kebijakan "Dilarang Sentuh" dengan ketat untuk semua aktivitas penyelaman dan snorkeling.
Dukung daerah konservasi laut dan proyek lainnya dengan:
-  Mengunjungi taman terumbu karang setempat dan retribusi untuk mendukung konservasi laut
-  Dukung penggunaan jangkar apung.
-  Berpartisipasi dalam usaha lokal untuk mengawasi lingkungan laut.
-  Berpartisipasi di kegiatan bersih laut dan bersih pantai.
-  Berikan donasi atau jadilah sukarelawan untuk mendukung taman terumbu karang.
Pastikan Anda percaya diri dengan kemampuan berenang  Anda dan jangan pernah snorkeling sendirian ya..

Anda bisa menghubungi kami di :

Phone  : 081382729181 - 081511188896
pin       : 58332CB9
Email  : Progresifoutboundtraining@gmail.com
Jl.Cikopo selatan KM 2,5 Desa Gadog Megamendung, 16770
Bogor, Jawa Barat - Indonesia

0 komentar:

Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More